Program Studi Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menyelenggarakan acara pameran proyek akhir boga yang bertempat di Auditorium UNY, Kamis (21/4).

Acara dimulai jam 7 dengan agenda pawai, dimana masing-masing mahasiswa membawa makanan olahan sendiri dan diiringi oleh pawai busana dari tim Karnival FT. Rutenya dari Auditorium ke jalan Colombo menuju Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) lalu perempatan Indomaret Point dan kembali lagi ke Auditorium UNY.

Terdapat 105 mahasiswa yang ikut dalam proyek akhir ini, dengan menyajikan aneka makanan yang terbuat dari bahan non beras. “Tema utama proyek akhir boga kali ini pengembangan produk olahan non beras dan non tepung beras” ujar Abdul Aziz selaku ketua acara. Abdul Aziz menilai tema ini dipilih karena konsumsi dari bahan beras semakin tahun semakin meningkat sehingga perlu adanya inovasi untuk membuat produk yang tetap berkualitas, ekonomis, dan layak jual.

Tahap penilaian tidak hanya dilakukan oleh para juri. Namun, pengunjung juga dapat memberikan penilaian melalui borang disetiap makanan untuk menilai cita rasa dari makanan yang dipamerkan. Beberapa penilaian mulai dari tampilan makanan, aroma, tekstur dan rasa. Selain itu, ada hal yang unik didepan Auditorium. Pengunjung disuguhkan atraksi (kungfu) demo masak dari Chef Jugi. Pengunjung dapat menyaksikan demo masak lebih dekat dan diperbolehkan mencicipi rasa masakannya. “Acaranya asik dan menarik” ujar Hari, salah satu pengunjung dari Fakultas Ekonomi UNY.