Seminar Nasional Mesin, Vokasi Tak Kalah Penting Dengan Akademik Lainnya

FT UNY, (13/11) telah diadakan kegiatan Seminar Nasional (Semnas) yang merupakan serangkaian acara dari Mechanical Fair 2016. Semnas tersebut merupakan follow up dari lomba sebelumnya. Mechanical Fair terdiri dari 3 rangkaian acara; lomba CAD, lomba Welding dan Semnas. Mengangkat tema tentang Peran Pendidikan Teknologi Dan Vokasi Dalam Menjawab Tantangan Perindustrian. Fokus dari semnas membahas terkait bidang vokasi yang dekat hubungannya dengan sejumlah topik perkuliahan yang akan dihadapi didunia kerja selanjutnya dengan menghadirkan para pemateri yang berkompeten dan paham tentang keadaan perindustrian di Indonesia.
Diharap manfaat dari semnas ini bahwa pendidikan vokasi tidak kalah dengan pendidikan akademik lain, terbukti bahawa SMK yang ada di Indonesia umumnya kalah tenar dengan SMA. Beda dengan Australia dan Eropa yang memperbanyak lembaga pendidikan berbasis vokasi agar dapat bersaing dengan negara lain dalam hal perkembangan industri. Mengangkat dari permasalahan diatas melalui Mechanical Fair, Hima Mesin membuat suatu wadah pengenalan kepada masyarakat luas bukan hanya untuk lingkup FT saja. Pada Semnas ini peserta begitu antusias mengikuti jalannya acara sampai akhir. Peserta semnas terdiri dari umum, mahasiswa D3/S1, bahkan dosen.
Teguh Raharjo, P.T Mesin 2015 selaku ketua panitia menuturkan harapannya dengan adanya semnas ini FT bahkan UNY dapat dikenal masyarakat luas tentang vokasi./im

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *