Kemahasiswaan Fakultas Teknik menyelenggarakan agenda tahunan Workshop Protokoler pada hari Sabtu (1/12). Dalam agenda kali ini Kemahasiswaan FT yang bekerjasama dengan BEM FT memberi wawasan dasar keprotokoleran pada warga FT khususnya Ormawa.

Dalam Workshop ini penyampaian materi dilakukan oleh Aji Agus Salim dan Arif Budiman, Staf Protokoler Humas UNY. Aji Agus Salim menguraikan materi mengenai public speaking dalam keprotokoleran. Menurutnya, pengeluaran suara juga mempengaruhi performa protokoler. Maka dari itu protokoler harus bisa memainkan suara berat atau ringan tergantung situasi yang ada.

Baca juga: Mahasiswa dan Pelajar SMK ikuti Elination 2018

Lain halnya dengan Aji, Arif Budiman menguraikan materi tentang protokoler dan tata aturannya. Menurut Arif banyak terjadi kesalahpahaman pada undang-undang yang mengatur tentang keprotokoleran. Protokol diartikan sebagai tata aturan suatu kegiatan formal sedangkan keprotokoleran merupakan kegiatan protokoler dan tata aturannya.

Postur tubuh pun menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam penyampaian protokoler. Selain itu, menurut Aji protokoler juga harus mengusai teknis acara sehingga tidak terdapat kesalahan saat eksekusi.

Baca juga: Taksi 100.000 Won

Agenda ini dihadiri oleh 18 orang peserta yang terdiri dari berbagai Ormawa yang dilaksanakan di Ruang Teater 2 FT UNY. Dengan adanya acara ini diharapkan ke depannya dapat terbentuk Tim Protokoler. Hal ini dikonfirmasi oleh Nurul Ahyari selaku Kepala Departemen Public Relation BEM FT.

“Diharapkan nantinya setelah dilakukannya workshop ini Ormawa FT bisa menyelenggarakan acara sesuai dengan aturan yang semestinya. Melalui pelatihan ini kita melatih mereka (Ormawa, red), agar bisa diimplementasikan di Ormawanya masing-masing,” ujarnya. (Senja)